Langkah-Langkah Install Atau Pasang Lantai Kayu | Artikel Lantai Kayu Parket | cara-memasang-lantai-kayu-solid,pemasangan-lantai-kayu-jati | Bali | Denpasar

Beberapa perbaikan rumah dapat mengubah sebuah ruangan dengan kehangatan, keindahan, dan gaya efektifitas lantai kayu baru. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah untuk menginstal lantai kayu baru.

Singkatnya, untuk menginstal lantai kayu:

Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk memasang lantai parket kayu. Alat yang biasa digunakan antara lain :

Palu karet (rubber mallet)

Meteran ukur, bor listrik,

Jig saw

Palu besi

Masker pelindung debu

Pull bar

Guillotine,

Obeng

Cutter.

Bahan yang harus disiapkan disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruangan yang akan dipasang.

Hitung dengan teliti kebutuhan parket, jika perlu konsultasikan dengan kami beberapa keperluan yang ideal untuk memasang lantai dengan ukuran tersebut.

Beberapa hari sebelum parket dipasang, lantai harus disiapkan dalam kondisi yag rata dan halus terlebih dahulu. Anda dapat meratakannya dengan adonan semen, dan menghaluskannya dengan aci, atau dapat dipasang di atas lantai yang telah dipasang keramik.

Meratakan adonan dapat menggunakan benang sebagai patokan dan timbang terlebih dahulu dengan selang air sehingga memiliki ketinggian yang rata. Gunakan mistar kayu yang panjang untuk membantu meratakan plesteran lantai, kemudian gosok dengan penggosok kayu hingga rata dan halus.

Jika plesteran lantai telah kering selama beberapa hari, pasang plastik yang lebar, bentangkan secara merata ke seluruh permukaan lantai yang akan dipasang parket. Sisakan setinggi 12 cm dari lantai yang dipakai untuk memasang Lis parket.

Kemudian pasang foam (lapisan sejenis busa) di atasnya sebagai lapisan terakhir di bawah parket kayu. Lapisan ini cukup diratakan pada lantai.

Jika telah disipakan semua, buka satu-persatu kotak pembungkus parket kayu, periksa semua bagian parket, terutama bagian sudut, mungkin ada yang rusak.

Pasang bagian sudut ruangan terlebih dahulu,kemudian diteruskan kesamping kanan dan kiri. Jika Anda biasa bermain puzzle, maka pemasangan parket lantai kayu hampir sama dengan bermain puzzle. Parket ini bersifat saling mengunci (interlocking).

Pola pemasangan dapat menggunakan pola brickwork (berbentuk pasangan bata) atau jenis pemasangan lain.

Pada bagian pinggir, maka ukur dan potong menggunakan jig saw. Jika telah selesai memasang bagian lantai, diteruskan dengan memasang lis yang tegak di bagian pinggir dinding.

Tahap terakhir dalam memasang parket kayu untuk lantai adalah perapian dan penguncian bagian pinggir yang berbatasan dengan ruang lain. Anda bisa gunakan lis yang terbuat dari plastik atau sejenis aluminium. Beri lubang pada bagian yang akan dipasang , gunakan bor dengan mata bor yag sebesar fischeryang akan ditanamkan di dalamnya. Kencangkan menggunakan obeng. Dan lantai parket kayu siap digunakan.

Sedikit tambahan materi artikel

Apa itu Parket laminate??

Parket laminate terbuat dari beberapa lapis material (karena itu digunakan kata-kata laminate) yang direkatkan jadi satu. Umumnya ada 4 lapisan pembentuknya.

Paling bawah adalah lapisan pelindung biasanya melamin yang berfungsi melindungi kayu dari kelembaban. Lapisan diatasnya adalah bahan utama, biasanya MDF (medium density fiberboard) atau HDF (high density fiberboard). Lapisan ini merupakan material dekoratif.

karena MDF dan HDF memiliki permukaan polos (tidak bermotif), maka dibutuhkan motif kayu buatan agar tampilan lantai terlihat seperti kayu alami. Lapisan bermotif kayu ini biasanya terbuat dari resin.

lapisan paling atas menggunakan film transparan yang kuat dan berfungsi sebagai pelindung. dengan adanya lapisan film ini, parket laminate lebih tahan gores dan tahan air dibandingkan parket kayu solid.

Perbedaan parket, flooring,atau laminated.

Solid Flooring

Bahan untuk lantai yang terbuat dari kayu asli, bukan triplek, bukan HDF, juga bukan lapisan. Bahannya bisa dari kayu jati, Mahoni, Merbau, Kruing dan lain-lain.

Laminating Flooring

Bahan untuk lantai yang terbuat dari serbuk kayu dibikin papan dengan cara di press disebut HDF sejenis MDF ( HDF= High Density Fiber). Kemudian salah satu permukaannya di laminasi dengan bahan sejenis plastik bermotif kayu. Jadi jenis ini bukan kayu asli, tapi kayu tiruan.

kelebihan dari jenis ini instalasi cepat,dan warna rata,karena serat kayu tiruan.

Parquet biasa adalah sama jenis dengan solid Flooring yang terbuat dari kayu asli. hanya yang membedakan adalah dari segi ukuran.

Ukuran standar parket biasa= 5cm x 20cm, 5cm x 25cm, 5cm x 30cm. (Lebar x Panjang)

Ukuran standar Parket Flooring= 9cm x 45cm up (Lebar x Panjang).

Sekarang Apa Perbedan jati, merbau, sono keeling, bangkirai dan mana yang paling bagus?

Kayu Jati warnanya kuning kecoklatan dengan serat kembang.

Kayu merbau warnanya Kemerahan dengan serat garis kecil-kecil.

Kayu sono keling warnanya hitam dengan serat mirip jati.

ketiganya termasuk berkualitas tinggi juga disebut kayu keras (Hard Wood) tahan lama dan tahan rayap. Yang membedakan hanya pada harga sbb;

Kayu sono keling paling mahal karena termasuk kayu hutan dan susah didapat.

Kayu Jati harganya di bawah Sono keling karena mudah didapat dan banyak yang membudi dayakan.

Kayu Merbau, kualitas dan ketahanannya sama dengan dua jenis diatas, hanya harganya lebih murah karena tampilannya tidak sebagus Jati dan sono keling.

Apa yang maksud dengan jati KW 1 atau KW 2.

Jenis Kayu KW 1 dan KW 2 sama-sama produksi Lantai Kayu, pasti ada yang hasilnya bagus dan kuran bagus, Dari segi presisi dan dari segi tampilan ada yang berwarna coklat dan warna putih. keduanya disortir. yang paling bagus masuk ke KW.1, yang kurang bagus masuk ke KW.2.

Apakah kayu ini ada kemungkinan kena rayap?

Untuk Jenis kayu keras kelas 1 seperti jati,Merbau,kayu besi/ulin,atau sono keling.rata2 didalam kayu tersebut terdapat senyawa tektikuinon,sebagai senyawa anti rayap,sehingga dalam pemakaiannya bisa tahan lama,bahkan bisa berumur ratusan tahun.bisa kita lihat kalau di daerah kamlimantan banyak jembatan yang terbuat dari kayu ulin,dan umurnya sudah ratusan tahun.Dan bisa kita lihat juga seperti bantalan kereta api,sampai sekarang di beberapa titik masih menggunakan bantalan dari kayu.

Sedangkan untuk jenis lantai kayu laminated, rata-rata menggunakan bahan anti rayap buatan, dan ini sifat pemakaiannya temporer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s